Saturday, March 24, 2012

Menekuni Sidat Menuai Sukses

Tak ada yang menyangka lelaki yang tiap hari bergumul dengan empang ini sebenarnya lulusan teknik. Saiful Hanif sejatinya tak paham tentang perikanan. Namun dengan tekun bertanya sana-sini, warga Gunung Bunder, Kabupaten Bogor itu pun sukses berbudidaya ikan sidat.

Uniknya, ikan yang dikembangkan Saiful Hanif justru ikan yang masih terbilang jarang di pasar Indonesia. Ikan Sidat atau Eel (Anguilla Bicolor) menjadi andalan Saiful Hanif untuk bertarung di pasar ikan Indonesia.

Hanif bukan tanpa alasan berbudidaya Sidat. Menurtnya, berbudidaya ikan merupakan usaha yang beresiko rendah dan berprofit bagus. Ia pun kini menjadi peternak panutan dalam budidaya Sidat.

Meski berangkat dari babak-belur dan gelontoran modal yang tidak sedikit, hanif merasa tidak memperoleh apa-apa ketika ia tidak berbagi. Akhirnya ia pun berbagi ilmu lewat pelatihan-pelatihan yang diselenggarakannya.

Kini , Hanif telah memiliki 'murid' sekitar 80 orang yang mengikuti jejaknya beternak sidat. Bahkan murid-muridnya pun ikut sukses. (*)




















No comments: